Contoh Soal dan Pembahasan Tegangan Normal Akibat Beban Aksial

Contoh Soal Dan Pembahasan Tegangan Normal Akibat Beban Aksial

1. Sebuah batangan baja mendapatkan gaya seperti terlihat pada gambar di  bawah ini. Carilah total pertambahan panjang yang terjadi jika modulus elastisitas 200GN/m2






2. Sebuah konstruksi diberi gaya dan tekanan seperti gambar, jika tekanan yang  terjadi 200 MPa dan modulius elastisitas carilah pertambahan panjang yang terjadi pada DE. 






3. Sebuah kawat baja berdiameter 6 mm digunakan untuk menopang suatu  konstruksi, jika kawat sepanjang 150 mm digantung vertikal dan beban 1 kN, carilah total perpanjangan kawat yang terjadi. Diketahui berat kawat adalah 7,7




4.  Batangan seperti gambar berikut ini direkatkan untuk menopang gaya 50 kN.
Bagian atas terbuat dari baja dan memiliki panjang 10 m, berat jenis dan luas 6000 mm2
bagian bawah terbuat dari kuningan dan memiliki berat jenis , panjang 6 m
serta luas 5000 mm2 .  Modulus elastisitas baja adalah  dan modulus elastisitas kuningan 90 carilah tegangan maksimum yang terjadi.




5. Dua batangan seragam memiliki diameter 50 mm dan mendapat pembebanan aksial seberat 500 kN seperti gambar. Batangan kaku ini memiliki tekanan = 200 MPa, carilah tekanan yang terjadi pada kedua batangan  ini.


6. Sebuah batang prismatik dengan penampang berbentuk empat persegi panjang (20 x 40 mm) dan panjang 2.8 m dikenakan suatu gaya tarik aksial 70 kN. Pemanjangan yang dialami batang adalah 1.2 mm. Hitunglah tegangan dan regangan tarik dalam batang.



7. Sebuah batang prismatik dengan penampang berbentuk lingkaran dibebani gaya tarik 85 kN. Panjang batang 3.0 m dan diameternya 30 mm. Batang ini terbuat dari alumunium dengan modulus elastisitas 70 GPa. Hitunglah pemanjangan dari batang.





8. Suatu batang dengan penampang bujur sangkar (panjang sisi 70 mm) mengalami pembebanan seperti pada gambar di samping. Berat jenis bahan adalah Apabila total perpanjangan yang terjadi sebesar 0.01 mm, berapa nilai modulus elastisitas bahan batang tersebut?





9. Suatu pipa yang terbuat dari besi tuang mempunyai diameter luar dan diameter dalam masing-masing sebesar 80 mm dan 60 mm. Bila pipa tersebut menahan bebean kompresi aksial sebesar 100 N, tentukan:
a. Total perpendekan yang terjadi untuk setiap panjang pipa 1000 mm
b. Tegangan normal yang terjadi di bawah beban tersebut




10. Batang prismatik dalam keadaan statik dengan penampang berdiameter 20 mm dikenai gaya seperti pada gambar. Jika modulus elastisitas bahan tersebut 200 GPa tentukan besarnya beban P1 dan P2 agar tidak terjadi pemanjangan/pemendekan.
 


Nb: Setelah Pengayaan Materi Tegangan Normal Akibat Beban Aksial, Ada Baiknya Jika Saudara/i Melihat Link Materi Pembahasan Tegangan Normal Akibat Beban Aksial
       dan Ini Link untuk Latihan Soal Tegangan Normal Akibat Beban Aksial

Sekian Posting dari saya, Semoga posting di atas bisa bermanfaat saudara/i.
Tinggalkan Komentar, Jika ada yang Kurang Jelas, Caci maki, Pujian dll.
Like via Facebook dan dapatkan artikel terbaru dari kami saat kami update artikel
Follow/Join This Site Dengan Account Gmail, mail Yahoo, Twitter, AIM, Netlog, dan Open Id Untuk Mendapatkan Artikel dari kami via E-MAIL.

Salam Sejahtra dari Saya Penulis Artike => http://file-education.blogspot.com Situs Bank Materi, Bank Soal, Bank Pembahasan => Matematika, Kimia, Fisika, Makalah, karya Tulis Ilmiah, Semua Materi Kuliah Teknik Mesin






1 comments:

  1. teknik mesin teknik mesin lagi makasih mas....aku dah ngulang 2klai lo mkm hehheheheh

    BalasHapus