Latihan Soal Tegangan Normal Akibat Beban Aksial

1. Suatu pita baja untuk alat ukur tanah dengan luas potongan penampang 2 mm2  harus diregang dengan suatu tarikan 90 N bila dipakai. Jika modulus elastisitas baja adalah 250 GPa. Hitunglah:





2. Suatu lingkaran kolom besi cor berongga, diameter luar 200 mm, diameterdalam 150 mm dan panjang 5 m, menopang suatu beban aksial 900 kN. Hitunglah pemendekan total yang dihasilkan pada kolom ini jika
modulus elastisitas besi cir adalah 100 GPa. 


3. Suatu batang bermata dari baja, panjang 6 m dan ukuran penampang 20  mm × 100 mm. Antara pusat pasak pada ujungnya digunakan sebagai batang diagonal pada jembatan yang ringan, seperti yang terlihat pada
gambar di bawah ini. Anggaplah bahwa batang dengan luas potongan penampang konstan di sepanjang 6 m. Jika tegangan tarik total pada batang adalah 280 kN dan E adalah 300 GPa. Hitunglah:



4. Sebuah kawat baja berdiameter 5 mm digunakan untuk menopang suatu konstruksi, jika kawat sepanjang 145 mm digantung vertikal dan beban 1,2 kN, carilah total perpanjangan kawat yang terjadi.  Diketahui berat kawat



5. Suatu pipa yang terbuat dari besi tuang mempunyai diameter luar dan diameter dalam masing-masing sebesar 75 mm dan 50 mm. Bila pipa tersebut menahan bebean kompresi aksial sebesar 100 N, tentukan:
a) Total perpendekan yang terjadi untuk setiap panjang pipa 1000 mm
b) Tegangan normal yang terjadi di bawah beban tersebut




Jika Anda sedang bekerja, tidak untuk memburu impian Anda sendiri, kemungkinan besar Anda sedang bekerja untuk mewujudkan impian orang lain. (Anonim)

Nb: Setelah Pengayaan Materi Tegangan Normal Akibat Beban Aksial, Ada Baiknya Jika Saudara/i Melihat Link Contoh Soal dan Pembahasan Tegangan Normal Akibat Beban Aksial
       dan Ini Link untuk Materi Tegangan Normal Akibat Beban Aksial

Sekian Posting dari saya, Semoga posting di atas bisa bermanfaat saudara/i.
Tinggalkan Komentar, Jika ada yang Kurang Jelas, Caci maki, Pujian dll.
Like via Facebook dan dapatkan artikel terbaru dari kami saat kami update artikel
Follow/Join This Site Dengan Account Gmail, mail Yahoo, Twitter, AIM, Netlog, dan Open Id Untuk Mendapatkan Artikel dari kami via E-MAIL.

Salam Sejahtra dari Saya Penulis Artike => http://file-education.blogspot.com Situs Bank Materi, Bank Soal, Bank Pembahasan => Matematika, Kimia, Fisika, Makalah, karya Tulis Ilmiah, Semua Materi Kuliah Teknik Mesin.

0 comments:

Posting Komentar