Praktikum Gerak Lurus

Praktikum Gerak Lurus
Lembar Kerja Siswa Gerak Lurus
Gerak Lurus
Soal Soal Gerak Lurus

I. Petunjuk Belajar :
1. Baca secara cermat petunjuk langkah-langkah sebelum Anda melakukan kegiatan
2. Baca buku-buku Fisika kelas X SMA dan buku lain yang relevan berkaitan dengan materi
Gerak lurus berubah beraturan untuk memperkuat konsep dan pemahaman Anda.
3. Tanyakan pada pembimbing jika ada hal-hal yang kurang jelas
II. Standar Komp & Kompetensi Dasar SK : 2.
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
KD : 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan
III. Indikator
Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait.

IV. Informasi Pendukung
Pada gerak lurus beraturan (disingkat GLB), lintasan yang ditempuh benda berupa garis lurus dan arah geraknya serta kecepatannya selalu tetap. Kecepatan selalu tetap ialah benda menempuh jarak yang sama untuk selang waktu yang sama.
Jadi gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda pada garis lurus yang pada selang waktu  yang
sama akan menempuh jarak yang sama. Kebanyakan gerak adalah gerak berubah. Gerak berubah adalah gerak yang kecepatannya berubahubah setiap saat.
Suatu benda yang bergerak dengan  kecepatan semakin bertambah (dipercepat), dengan pertambahan kecepatannya (V ) tetap pada tiap selang waktu (Δt ) sama. Gerak lurus semacam ini disebut gerak lurus berubah beraturan (glbb),misalnya gerak jatuh bebas.
Yang beraturan adalah perubahan kecepatannya tiap satu satuan waktu .



V. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan
1. Kereta luncur 1 buah 7. sellotipe
2. Pewaktu ketik 1 buah 8. Karbon
3. Catu daya 1 buah 9. kertas grafik
4. Pita pewaktu ketik 1 rol
5. Penggaris 1 buah
6. Papan luncur 1 buah
VI. Langkah-Langkah Percobaan
Kegiatan I
A. Kalibrasi
Sebelum digunakan untuk mengukur kedudukan dan waktu kita perlu mengkalibrasi ticker timer terlebih dahulu. Cara mengkalibrasi sebagai berikut
1. Jepitkan ticker timer pada meja dan hubungkan dengan catu daya  (6 volt).
Masukkan ujung pita antara karbon dengan papan seperti pada gambar




Usahakan supaya pita dapat bergerak bebas. Salah satu teman Anda siap untuk menarik pita tersebut.
2. Hidupkan ticker timer dan tariklah pita tersebut selama 4 atau 5 detik. Gunakan stopwatch untuk
memperoleh waktu yang lebih akurat. Pita ditarik sambil berjalan dengan kecepatan yang kira-kira sama.
3. Matikan ticker timer dan beri tanda titik pertama dan terakhir pada pita. Hitung jumlah titik-titik,
sebaiknya mulai dengan titik yang kedua. Ulangi kegiatan ini paling sedikit tiga kali, dan masukkan hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini.
No Kegiatan Waktu (s) Jumlah Titik Priode -
1




2




3




4






Dengan menggunakan tabel data di atas
hitunglah periode ticker timer tersebut!

InformasiPeriode ticker timer adalah banyaknya titik yang dibuat ticker timer tiap detik



B. Macam-macam, gerak
1. Tarik pita dengan kecepatan tetap pelan- pelan
2. Tarik pita dengan kecepatan tetap agak cepat
3. Tarik  pita mula-mula pelan makin lama makin cepat
4. Tarik pita mula-mula cepat makin lama makin lambat.
5. Tempelkan keempat pita tersebut pada lembar jawaban Anda ! (beri nomor 1, 2, 3,dan 4)
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawahini !
a. Apakah yang menyatakan bahwa pita 1 danpita 2 menunjukkan gerak lurus beraturan
Jawab :
b. Apakah yang menandakan bahwa gerak padapita 2 lebih cepat dari pada pita 1 ?
Jawab
c. Bagaimana pita 1 menujukkan gerak yangdipercepat dan pita 2 gerak diperlambat ?
Jawab :
d. Hitunglah kecepatan rata-rata (m/s) setiap pita !
Jawab :

Kegiatan II
1. Rangkaikan alat-alat seperti pada gambar di bawah


2. Letakkan pita ticker timer pada kereta dengan sellotipe
3. Hidupkan ticker timer,  kemudian lepaskan kereta luncur untuk bergerak ke bawah, sehingga
pada pita terjadi jejak-jejak ketukan seperti tergambar.

Kegiatan 2
Analisa Data
1. Tandai pada pita setiap 10 ketukan.
2. Ukurlah panjang pita tiap-tiap 10 ketikan (usahakan paling sedikit 5 potong ), kemudian masukkan hasilnya ke dalam tabel.
Informasi :
Frekuensi listrik yang dipakai f = 50 Hz. Berarti tiap 1 detik terjasi 50 ketikan. Untuk 10 ketikan diperlukan waktu seperlima ( 0,2) sekon


3. Hitung kecepatan dan percepatannya
4. Dari tabel data, lukis grafik hubungan antara v-t dan a-t

5. Ukur panjang pita dari titik awal sampai ketikan yang kesepuluh. Dari titik awal sampai ketikan ke 20 dan seterusnya sampai paling sedikit 50
ketikan. Masukkan dalam tabel dan lukis grafik hubungan antara panjang lintasan dengan waktu
Panjang Lintasan Waktu


Grafik tersebut berbentuk apa ?

Informasi :
Gerak benda di atas disebut gerak lurus berubah beraturan  (GLBB )
.
VI. Tempat : Ruang Lab.
VII. Penilaian :
a.Kognitif
1. Sebuah benda bergerak dengan laju v dalam waktu 10 menit, telah menempuh jarak 100 m.
Berapakah besarnya laju benda tersebut ?
2. Sebuah benda bergerak lurus berubah beraturan dengan percepatan 4 ms Pangkat Min 2. 
(a) Jika kecepatanmula-mula 3 ms Pangkat Min 1 , berapakah kecepatan dan jarak yang ditempuh setelah bergerak selama 10 s ?
(b) Selesaiakan soal yang sama, tetapi benda begerak diperlambat dengan perlambatan 6 ms Pangkat Min 2.
3. Sebuah kendaraan bergerak lurus beraturan ditunjukkan dengan grafik di bawah kecepatan v terhadap waktu t sebagai berikut. Berapakah jarak yang ditempuh selama 4 menit ?

4. Ani Rosa dan Haryanto berjarak pisah 300 m berlari cepat beraturan saling mendekati dalam waktu bersamaan dengan kecepatan masingmasing 10 ms-1 dan 15 ms-1.
Kapan dan dimana mereka akan berpapasan ?

5. Sebuah mobil dikendarai Hera dan sepeda motor dikendari Mulyono mula-mula berjarak 120 m satu sama lain. Hera dan Mulyono masingmasing bergerak dengan kecepatan tetap 8 m/detik dan 4 m/detik bergerak saling berhadapan. Kapan dan dimana mereka bertemu jika Hera mendahului 2 sekon dari File Education ?



0 comments:

Posting Komentar