Oksida Nitrogen NO dan NO2

 keberadaan nitrogen, pengertian nitrogen dioksida, sifat-sifat no2, mekanisme reaksi nitrogen oksida di udara, keberadaan dan sifat-sifat Nitrogen, sifat sifat nitrogen, kimia sma nitrogen
Gas nitrogen monoksida (NO) memiliki sifat tidak berwarna, yang pada konsentrasi tinggi juga dapat menimbulkan keracunan. Di samping itu, gas oksida nitrogen juga dapat menjadi penyebab hujan asam. Keberadaan gas nitrogen monoksida (NO) di udara disebabkan karena gas nitrogen ikut terbakar bersama dengan oksigen (O2), yang terjadi pada suhu tinggi.
Reaksinya adalah:
N2 (g) + O2(g) ==>> 2NO(g)
Pada saat kontak dengan udara, maka gas nitrogen monoksida (NO) akan membentuk gas NO2 dengan reaksi sebagai berikut
2NO(g) + O2(g) =  2NO(g)Gas NO2 merupakan gas yang beracun, berwarna merah cokelat, dan berbau seperti asam nitrat yang sangat menyengat dan merangsang. Keberadaan gas NO2 lebih dari 1 ppm dapat menyebabkan terbentuknya zat yang bersifat karsinogen atau penyebab terjadinya kanker. Jika menghirup gas NO2 dalam kadar 20 ppm akan dapat menyebabkan kematian. Sebagai pencegahan maka di pabrik atau motor, bagian pembuangan asap ditambahkan katalis logam nikel yang berfungsi sebagai konverter. Prinsip kerjanya adalah mengubah gas buang yang mencemari menjadi gas yang tidak berbahaya bagi lingkungan maupun kesehatan manusia. Proses pengubahan tersebut dapat dilihat pada reaksi berikut.
 2NO2(g) Katalis=> Ni N2(g) + 2O2(g)
Literatur/Refrensi Artikel: Cham-is-try.org

0 comments:

Posting Komentar